-->

Teori X Y Mc Gregor

Teori X Y Mc Gregor. Di satu sisi karyawan dinilai berperilaku negatif, di sisi lain karyawan diasumsikan berperilaku positif. Secara teori x mcgregor menjelaskan cara tradisional memahami pekerjaan yang diadakan sejak masa revolusi industri.

Aliran manajemen modern 1...Web viewTokoh pelopornya
Aliran manajemen modern 1...Web viewTokoh pelopornya from fdokumen.com

Konsep teori x dan y dikemukakan oleh douglas mcgregor dalam buku the human side enterprise di mana para manajer / pemimpin organisasi perusahaan memiliki dua jenis pandangan terhadap para pegawai / karyawan yaitu. Menurut mcgregor, gaya kepemimpinan yang identik digunakan pemimpin dalam teori ini adalah gaya otoriter atau partisipatif. Teori x dan teori y adalah teori motivasi manusia dan manajemen.

Secara teori x mcgregor menjelaskan cara tradisional memahami pekerjaan yang diadakan sejak masa revolusi industri.


Teori x merupakan suatu pandangan yang relative negative mengenai pekerja dan konsisten dengan pandangan manajemen ilmiah. Douglas mcgregor hidup sezaman dengan abraham maslow, penemu teori hierarki kebutuhan manusia.mcgregor banyak menyumbang pengembangan bidang manajemen dan teori motivasi. Pandangan tersebut dibagi menjadi dua.

Dia dikenal luas sebagai pencetus teori x dan teori y yang disajikan dalam bukunya ‘the human side of enterprise’ (1960).


Men i situationer, hvor lederen ikke har andet at holde sig til, eller hvor der er tilstrækkelig meget pres på, vil grundantagelsen ofte skinne igennem. Yaitu teori x dan y yang dikemukakan oleh douglas mcgregor. Teori x dan teori y merefleksikan dua keyakinan ekstrem yang membedakan manajer mengenai pekerja mereka.

Teori ini menjelaskan kontras dua model motivasi tenaga kerja yang diterapkan oleh manajer dalam manajemen sumber daya manusia, perilaku organisasi, komunikasi.


Gregor 23.17 unknown teori motivasi yang menggabungkan teori internal dan teori eksternal yang dikembangkan oleh mc. Konsep teori x dan y dikemukakan oleh douglas mcgregor dalam buku the human side enterprise di mana para manajer / pemimpin organisasi perusahaan memiliki dua jenis pandangan terhadap para pegawai / karyawan yaitu. Ia telah merumuskan dua perbedaan dasar mengenai perilaku manusia.

Di satu sisi karyawan dinilai berperilaku negatif, di sisi lain karyawan diasumsikan berperilaku positif.


Teori x dan teori y adalah teori motivasi manusia dan manajemen. Ia telah merumuskan dua perbedaan dasar mengenai perilaku manusia. Apa itu teori motivasi x dan y?

Teori motivasi oleh douglas mc gregor (teori x dan y) douglas mc gregor menemukan teori x dan y setelah mengkaji cara para manager berhubungan dengan para karyawan.


Ada empat asumsi yang dimiliki oleh manager dalam teori x, yaitu: Teori x dan y temuan mcgregor ini dilandasi dua asumsi yang berbeda terhadap karyawan. Teori ini berpendapat mengenai bagaimana cara memotivasi karyawan untuk mau bertindak sesuai yang diharapkan organisasi.

0 Response to "Teori X Y Mc Gregor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel